Tuesday, July 4, 2023

Raita keren. Pachadi lebih keren. Buat lebih banyak Pachadi.

 Raita keren. Pachadi lebih keren. Buat lebih banyak Pachadi.

Versi India Selatan dari Kerala ini memiliki profil yang rumit dan diakhiri dengan tadka.

Setiap orang memiliki resep untuk Raita, saus/pendamping yoghurt segar India Utara, yang dibuat sebagai pendamping dingin untuk paratha, biryanis, dan kari atau semur pedas. Saat Anda melangkah lebih jauh ke selatan, Raita mengambil bentuk yang dimasak dengan lembut, dengan Andhra Pradesh, Telangana, Karnataka, Tamil Nadu, dan Kerala masing-masing memiliki variasinya sendiri, beberapa wilayah ini menggunakan kata pachadi yang berarti achar (acar) atau chutney mesin roasting kopi. Meenakshi Ammal's Samaithu Par (Cook and See) memiliki beberapa resep yang bagus untuk jenis Pachadi yang mirip chutney ini, yang tidak bergantung pada yoghurt.

Pachadi ala Kerala memiliki formula yang hampir sama dengan raita (yoghurt + sayuran pilihan Anda, ditumbuk, diparut, atau dipotong dadu + rempah-rempah), tetapi bahan dasarnya hampir selalu berupa pasta bubuk kelapa parut, cabai hijau, dan biji sesawi. , dan lengkap jika Anda melunakkannya dengan trifecta suci dalam masakan penting Kerala: minyak kelapa, biji sawi, dan daun kari. Kehadiran pachadi sering ditemukan pada daun pisang terutama selama festival panen di Kerala, Onam, bersama dengan 26 hidangan lainnya yang menjadi sadya (pesta) ikonik. Itu duduk di sebelah kichadi, pasangannya, hidangan berbahan dasar yoghurt yang mirip dengan khichdi, bubur nasi dan lentil yang populer di India Utara. Dalam banyak hal, pachadi berfungsi seperti raita, oleh karena itu disebut 'thottu-koottan' yang secara harfiah berarti "kari" yang dimaksudkan untuk dicelupkan dengan ringan dan dinikmati.

Hidangan tajam ini juga terus berkembang, yang mengambil berbagai bentuk dan makna saat Anda melakukan perjalanan dari dapur ke dapur melalui negara bagian Kerala yang beragam secara budaya, yang dapat menjelaskan mengapa tidak ada satu resep sempurna yang merupakan pachadi asli. Pachadi secara tradisional dimaksudkan untuk memiliki rasa yang lebih manis, menggunakan buah-buahan seperti mangga matang, nanas, dan bahkan anggur, tetapi ada resep yang menggunakan sayuran seperti labu pahit dan pisang raja, dengan sedikit gula merah ditambahkan untuk rasa manis.

Pachadi dengan sempurna melengkapi kari daging pedas, dan mengangkat nasi saat dipasangkan dengannya. Keseimbangan yoghurt asam dan rasa manis dari buah, atau jaggery, dan rasa terakhir dari 'tempering' membuatnya menjadi tambahan yang enak untuk makanan apa pun. Pachadi dasar digabungkan dalam beberapa langkah sederhana:

No comments:

Post a Comment